Thursday, February 1, 2007

Eco-Driving. Perlu dilakukan semua pengendara mobil


Banyak orang berkata bahwa untuk menghemat energi dan polusi dari kendaraan kita harus memakai bahan bakar nabati seperti bio-diesel atau bio-ethanol. Lebih dari itu, lebih baik ”nanti” kita membeli mobil bertenaga gabungan atau hybrid car. Memang semua itu baik untuk dilakukan mulai sekarang dan saya sungguh mendukung itu semua.

Akan tetapi, bagaimana dengan kita yang tidak mampu mengganti mobil tua kita? Yang memang untuk standard sekarang sudah tidak efisien dan boros energi?

Ternyata mobil tua yang sudah 20 tahun pun masih dapat berhemat, dengan cara Eco-Driving yaitu mengendara yang hemat energi. Eco-Driving telah disurvey dapat menghemat sampai dengan 30% penggunaan bahan bakar. Beberapa cara diantaranya adalah:

1. Mengendara dengan stabil antara 1200-3000 RPM. Pedal jangan terlalu cepat ditekan.
2. Usahakan mengendara dengan gigi transmisi yang lebih tinggi antara 2000-2500 RPM. Kendarakan mobil di gigi tinggi pada kecepatan rendah - istilahnya adalah "kecepatan 50 dengan gigi 4". Gigi transmisi tinggi menggunakan bahan bakar yang lebih sedikit untuk pembakaran dan dapat menghemat sangat banyak.
3. Isi tekanan ban sedikit melebihi (10%) syarat yang dianjurkan oleh pabrik mobil
4. Biasakan untuk sering membersihkan filter mobil
5. Usahakan seminim mungkin menggunakan pedal gas.
6. Tukar gigi ke netral bila akan berhenti di lampu merah.
7. Lebih banyak antisipasi selama berkendara untuk mencegah akselerasi, deselerasi, memotong atau berkendara yang agresif.
8. Kalau udara tidak terlalu panas, hentikan pemakaian AC dan set temperatur di atas 21 derajat celcius
9. Jalan kaki atau gunakan sepeda untuk rute yang dekat. Penggunan mobil saat masih dingin menggunakan bahan bakar 300% lebih banyak

Apa anda juga memiliki ide-ide lainnya?

Jangan lupa lihat www.ecodrive.org

No comments: