Monday, January 15, 2007

Bingung mau memberi kado? Give A Tree!



Saya dari dulu suka bingung sih mau kasih kado apa ke orang tua ataupun saudara. Saya memulai kebiasaan baru dengan memberi kado berupa tanaman, apakah itu kecil besar,  untuk di pot atau di tanah, ataupun bunga atau memang pohon yang bisa menjadi 
besar.  Saya berkeyakinan bahwa bila semua orang yang berulang tahun diberikan sebuah 
tanaman, maka bila di Jakarta saja ada sekitar 5-10 juta orang, maka itulah jumlah pohon baru yang tertanam di Jakarta. Bila hal ini diteruskan di seluruh kota Indonesia, maka saya yakin kita akan melihat perubahan yang cukup besar.

Tanaman itu tidak terlalu mahal, tetapi akan memberi manfaat lebih kepada yang diberikan dan lingkungannya. Dari website www.climatecrisis.net, ditulis bahwa satu buah pohon dapat menghisap satu juga ton CO2 selama hidupnya. Bisa dibayangkan apabila semakin banyak orang memberi, kota kita juga akan semakin enak. Sekarang dengan semakin semrawutnya jalanan, pohon-pohon pun ditebang untuk memberi ruang pada jalanan, busway, monorail, dll. Memang semua itu kadang tidak dapat dihindari, tetapi kita harus mencari alternatif untuk menggantinya, jika tidak, maka polusi pun akan semakin buruk.

Dengan memberi dan membiasakan anak kita mengenal tanaman dengan lebih baik, maka awareness dari anak itu sudah dikembangkan dari kecil dan menjadi kebiasaan yang baik. Kita bisa memulai menaruh pot di rumah, kantor, balkoni apartemen, dan kalau memungkinkan walau sedikit membuat taman dirumah.

Dengan memberi dan menanam pohon yang baru, maka anda telah memberikan hidup kepada lingkungan juga. Beritahu kebiasaan ini kepada orang-orang di sekitar anda.

No comments: