Tuesday, January 30, 2007

Alat Elektronik yang "Stand-By" Boros. Masa Sih?



Jaman semakin canggih, barang-barang semakin boros, manusia juga semakin malas. Penemuan remote control juga menunjang itu semua sehingga hampir semua alat elektronik memiliki fasilitas "stand-by" yang memang "ready-to-be-on" sewaktu kita pencet tombol power di remote.

Secara statistik, 7% dari seluruh pemakaian energi digunakan untuk alat-alat yang sedang "stand-by". Ini seperti menyalakan lampu 75-100 watt secara terus menerus.  Bayangkan bila kita kalikan 7% tersebut dengan jumlah pelanggan di Jakarta, 3 Juta serta rata-rata pemakaian listrik sehari-hari. Banyak yang mengira bahwa pada waktu "stand-by", alat elektronik hanya menggunakan listrik untuk menyalakan lampu merah yang ada di TV/DVD/Monitor. Ternyata listrik yang digunakan jauh lebih banyak dari itu.

Beberapa tips untuk mengurangi stand-by:
1. Matikan peralatan elektronik melalui tombol power
2. Pakai soket listrik dengan on/off sehingga mudah dimatikan tanpa mencabut kabel
3. Kalau memakai cable extension, pakai yang memakai on/off juga sehingga mudah dimatikan seluruh peralatan elektronik yang tercolok disitu.

Memang setelah saya membiasakan diri dengan hal ini, kalau saya belum matikan betul jadi merasa tidak enak sendiri. Akhirnya ini pun bisa menjadi cara hidup yang lebih baik.


No comments: